MARCH 1500 CC

 

Nissan  March Eropa

Kalau tetap menggunakan mesin 1.200 cc sebelumnya, mungkin Nissan March facelift tetap jadi mobil paling underdog di kelasnya, karena kalau bicara fitur dan irit-iritan pasti kalah dengan Mitsubishi Mirage, bicara performa mesin dan handling pasti kalah dengan Honda Brio, bicara interior pasti kalah lega dengan Suzuki Splash, bicara brand pasti kalah dengan Toyota.

Nah, untuk menjadikan mobil ini tetap terbaik di kelasnya, tentunya Nissan tidak tinggal diam dan diam-diam memiliki strategi sendiri agar Nissan March bisa kembali memimpin pasar, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sadar bahwa Nissan March kini tidak lagi sendiri seperti dahulu hingga akhirnya Nissan memberikan mesin 1.500 cc pada Nissan March terbaru seperti yang digunakan pada Nissan Evalia, Nissan Grand Livina dan Nissan Juke.

Interior Nissan March baru facelift 2013

Dengan mesin 1.500 cc ini tentunya tenaga mesin akan terdongkrak menjadi 110 Ps seperti Nissan Livina, sehingga Honda Brio pun akan terlewati jika berbicara masalah output tenaga mesin. Bahkan bisa disejajarkan dengan Toyota Yaris, Honda Jazz dan Kia Rio.

Tetapi Nissan March masih berada pada kelas yang sama dengan model sebelumnya, yaitu City Car. Bahkan meskipun naik kelas karena penggunaan mesin yang lebih besar, Nissan justru mampu berhemat dari segi ongkos produksi karena penggunaan sharing platform mesin dengan mobil-mobil Nissan yang pernah diproduksi sebelumnya. Jadi meskipun menggunakan mesin yang lebih besar, seharusnya harga Nissan March Facelift tidak naik secara signifikan.

Nissan  March Eropa belakang

Selain mesin, Nissan March baru nantinya akan menggunakan transmisi automatic XTronic CVT seperti yang digunakan New Grand Livina.

Nissan March terbaru ini jika benar akan menggunakan model yang sama dengan versi Thailand dan India, mobil ini akan memiliki bentuk eksterior baru yang menggunakan grille V-shape dan lampu dengan model baru. Lampu belakang, velg, dan model bumper juga sedikit mengalami ubahan.

Nissan  March Eropa samping

Untuk interior, Nissan March baru akan menggunakan warna interior seperti warna kopi dengan center cluster hitam dan berbahan licin seperti Mitsubishi Mirage. Uniknya mobil ini akan dibekali dengan Smart MID dan push start/stop button seperti Mitsubishi Mirage.

Namun saat dikonfirmasikan kepada Yoshiya Horigome selaku Wakil Presiden Direktur Penjualan dan Pemasaran Nasional NMI disela-sela launching New Nissan Juke kemarin, beliau mengatakan belum bisa berbicara banyak tentang March 1.500 cc ini. “Spesifikasi, dan kapan waktu peluncurannya, nanti kami akan informasikan.” jelasnya. Aah bikin penasaran aja nih.

Tapi jika jadi diluncurkan, kira-kira berapa ya harga yang pantas untuk Nissan March facelift terbaru? Kalau menurut kami kenaikan harga 5 hingga 10 juta sudah cukup wajar untuk mobil ini. Menurut anda?