Datsun GO+ Panca Tembus 772 km Dengan Pertamax

image

Masih ingat dengan gelaran Last Car Running di Auto Bild? Kami pun menerapkan metode pengetesan ini pada Datsun GO+ Panca dengan menggunakan bahan bakar dari Pertamina yang berlabel Pertamax. Dengan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin (minimum RON90), siapa sangka Datsun GO+ Panca mampu menempuh jarak sejauh 772 km.

Bermodalkan bahan bakar penuh di kota Yogyakarta, Datsun GO+ Panca pun menempuh rute menuju kota Surabaya via Malang. Kemudian dilanjutkan menuju kota Semarang via jalur Utara. Kondisi ‘stop and go’ pun cukup mewarnai rute ini dengan banyaknya traffic light dan truk berukuran besar.

Uniknya, setelah Datsun GO+ Panca menempuh jarak 630 km, indikator bahan bakar pun mulai berkedip dan MID menunjukan jarak 46 km lagi menuju bahan bakar habis.  Yup, benar saja, saat jarak 666 km, indikator bensin pun telah kosong sama sekali, tapi Datsun GO+ Panca tetap mampu melaju normal.

Melewati kota Semarang, Datsun GO+ Panca diarahkan menuju kota Yogya kembali via tol. Kondisi jalan yang naik dan turun mewajibkan kami untuk ekstra hati-hati lantaran mesin bisa mati tiba-tiba saat menyalip kendaraan. Hingga akhirnya kami putuskan untuk bermalam di Umbul Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Akhirnya, perjalanan pun berakhir sekitar 100 meter sebelum tempat penginapannya. Tangki cadangan 4 liter pun dimasukan agar kami dapat melanjutkan perjalanan. Sungguh menakjubkan, Datsun GO+ Panca dengan kapasitas tangki hanya 35 liter mampu diajak pelesir hingga 772 km.

SUMBER AUTOBILD INDONESIA