TIPS MENCUCI DATSUN ALA NISSAN BALI

CARA TERBAIK CUCI MOBIL LCGC

image

Merawat mobil memang gampang gampang susah. Salah sedikit saja, akibatnya bisa resah. Tak terkecuali ketika hendak mencuci mobil. Mencuci mobil membutuhkan urutan proses ‘ritual’. Maksudnya, lakukan langkah demi langkah agar hasil yang didapat bisa maksimal. Terlebih bagi Low Cost Green Car. Memang tak ada beda cara mencuci dengan mobil biasa, namun merawat mobil jenis ini butuh perlakuan khusus.

Langkah pertama adalah jangan mencuci kendaraan di bawah sinar matahari langsung atau saat udara panas,  Masih menurutnya, hawa panas bisa meninggalkan butiran air yang mengering, yang akhirnya akan melekat kuat pada bodi mobil. Lalu bagaimana langkah selanjutnya?

Kaki-kaki

Semprotkan air pada bagian kolong mobil, kalau memungkinkan, Anda bisa menggunakan semprotan air bertekanan tinggi guna merontokkan kotoran yang mengeras. Lanjutnya, bila perlu pada bagian kolong tersebut, gunakan sikat untuk membantu dorongan air merontokkan kotoran.

Jangan lupa perhatikan kebersihan bushing kaki-kaki roda. Pasalnya, bila ada timbunan kotoran akan mengganggu kerja komponen kaki-kaki. Selesai pada bagian kaki-kaki, larikan sikat ke arah pelek dan ban. Gunakan sikat yang tidak melebihi ukuran profil ban karena takut menggores permukaan pelek. Terlebih biasanya mobil ini ukuran peleknya rata-rata 13 atau 14 inci. Tambahnya, agar hasil lebih maksimal, proses sikat harus searah dan bisa menggunakan detergen ringan serta lakukan hal yang sama pada keempat ban.

Kolong Mobil

Letaknya memang di bawah dan tidak mudah terlihat. Tetapi, saat-saat hujan lebat sering mengguyur seperti sekarang, sebaiknya berilah perhatian lebih pada bagian kolong mobil.  Rajinlah membersihkan kolong mobil, apalagi jika mobil sering melintasi jalanan yang banyak terdapat genangan air.

Usahakan untuk tidak membiarkan tumpukan kotoran menempel di logam-logamnya dalam waktu lama. Saran kami, tidak lebih dari 24 jam setelah melibas genangan, bawa ke tempat cuci mobil yang bisa membersihkan hingga ke kolong-kolong.

Upaya tersebut perlu dilakukan sebagai langkah perawatan dari karat

Daerah yang paling riskan adalah bagian kolong mobil. Selain karena tidak terlihat, logam-logam di bawah paling sering tertempel kotoran. Nah, kotoran dan air yang bertumpuk di logam dapat memicu timbulnya korosi. Efek buruknya, tentu lama kelamaan logam bisa menjadi keropos. Pencegahan dari ancaman karat juga sebaiknya kita lakukan dengan selalu memastikan bahwa tidak ada lagi sisa-sisa air tiap kali habis mencuci mobil

Bodi

Setelah urusan kaki-kaki selesai, langkah selanjutnya bisa beralih ke bodi mobil. Nah, langkah awal pada bagian ini adalah dengan membersihkan kaca mobil dari debu. Selanjutnya lakukan penyiraman secara merata ke seluruh badan mobil, mulai dari salah satu ujung sisi bodi atau bisa juga dimulai dari atap, bilangnya seraya menyebut kalau perlu bisa menggunakan sampo khusus mobil yang banyak beredar di gerai car care atau supermarket.

Selanjutnya, sesegera mungkin lakukan pembilasan secara cepat dan merata, serta keringkan air pada bodi dengan chamois. Nah, bagian terakhir itu lakukan dengan cepat guna menghindari butiran air yang mengering. Bagian terakhir adalah mengelap badan mobil dengan kain microfiber sebagai finishing-nya.

Tidak disarankan mencuci ruang mesin. Apalagi jika memakai penyemprot air bertekanan. Perlakuan itu dapat mengakibatkan mesin bermasalah karena sistem kelistrikan terkontaminasi air. Jika kondisi mesin sudah terlalu kotor, gunakan engine degreaser yang banyak beredar di pasar.

Kabin

Untuk bagian ini, kami menyarankan agar mencampur air hangat dengan sampo mobil, kemudian gosok secara merata pada bagian dasbor. “Hati hati ketika menggosok dasbor dan bagian yang terbuat dari plastik lainnya, pada mobil LCGC bagian ini mudah tergores. Jangan lupa untuk menggosok lagi dengan kain bersih dan kering.

Apabila dasbor terlanjur tergores maka saran kami adalah membersihkannya dengan interior cleaner. Jika masih belum hilang anda bisa mem-filler-nya dengan tool tip yang memiliki warna sejenis dengan panel dasbor, kemudian menyemirnya untuk mengaburkan goresan. Mudah bukan? Ingat, lakukan step by step!